Yoga untuk Anak & Ibu

Share Icon Facebook Twitter Pinterest
1470 views Dec 28, 2015
   

By Alexandra Grablewski / Parents.com
"Banyak pose yoga yang aktif dan seru, dimana membantu masalah emosi anak,” kata Helen Garabedian, penulis Itsy Bitsy Yoga for Toddlers and Preschoolers. Anak dapat memulai mini rutin bahkan sejak usia 18 bulan. Pose-pose dalam yoga dapat membantu melepaskan energynya yang berlebih, menghandel rasa frustrasi, dan membuat anak lebih relax sebelum tidur.  Anak bisa berkelakuan lebih manis, lebih baik dan Mama pun pasti merasa senang juga kan?
 

 
Tantrum Tamer: Donkey
Saat anak pertama mencoba mengangkat satu kaki lurus  ke atas dengan dua tangan & bahu terbuka lurus menopang badan dan pinggul terbuka, biasanya anak akan berusaha mengintip-intip agar posenya sebagus pose Mama, lalu ia akan terus berusaha untuk meluruskan kakinya. Anda pun akan tersenyum-senyum melihat polahnya yang lucu. Hitung sampai 3 hitungan dengan kaki diatas, lalu ganti dengan kaki sisi lainnya. Pastikan tangan dan bahu terbuka lebar, dorong pinggul dan kaki lurus ke atas.

 
Tantrum Tamer: Jumping Tree
Pose berdiri dengan sebelah kaki menekuk dan bersandar ke kaki sebelahnya ini dikenal dengan pose pohon. Pose ini mengenalkan tentang keseimbangan dan focus pada anak. Awali dengan berdiri berhadapan dengan anak dan pegang kedua tangan anak, lalu minta ia masukkan satu kakinya di sisi samping lutut lalu diam bertahan selama 10-30 detik baru ganti dengan sisi kaki lain.
 


 
Bedtime Soother: Flying Heart
Pose stretching dengan mengambil nafas dalam-dalam ini merilekskan semua otot dan membantu anak lebih santai. Bantu kedua telapak kaki anak saling menempel dengan duduk lutut dan kaki membentuk wajik. Letakkan tangan sekitar 30cm di belakang kita dengan telapak tangan dibawah & jari lurus kearah belakang. Sandarkan badan ke belakang sedikit, angkat dadanya dan kepala menghadap keatas langit. Tarik nafas, hembuskan perlahan dan tahan pose ini sekitar 15 – 30 detik, lalu ulangi 3 kali. Tak sulit kan?
 

 
Bedtime Soother: Falling Star
Pose Bintang Jatuh ini pasti favorit anak-anak. Berdiri dengan kaki lebih lebar dari pinggul, angkat tangan ke samping dan turun salah satu sisi dengan tangan satu diatas menghadap ke langit-langit, kepala menoleh keatas atau lihat kedepan, tahan sampai 5 hitungan lalu kembali berdiri dan ulangi hingga 5 kali. Lalu ganti posisi ulangi untuk ke sisi sebelahnya.
 


Energy Burner: Kissy Knee
Posisi cium lutut ini dipercaya memperbaiki system pencernaan kita, maka posisi ini memberikan rasa menenangkan bagi anak. Duduk dengan satu kaki lurus ke depan dan satu kaki ditekuk dilipat ke dalam sisi, bungkukkan badan perlahan hingga posisi mendekati mencium lutut. Perlahan tegakkan badan kembali dan ulangi hingga 3 kali sebelum ganti posisi ke kaki sebelahnya.
 


Energy Burner: Star
Pose favorit anak-anak dimana ia bisa meniru dengan mudahnya bagai sedang ingin terbang dengan satu kaki. Pose ini membuat anak ceria, menghilangkan rasa kesal dan frustrasinya. Berdiri dengan kaki lebih lebar dari pinggul dan angkat tangan ke samping dengan telapak menghadap ke bawah,  Ajak anak tetap dalam posisi ini sambil bernyanyi lagu Twinkle Star favoritnya di satu sisi. Lihat apakah anak anda sudah bisa bertahan di posisi satu kaki ini hingga 3 kali bernyanyi kah? Baru ulangi kembali di sisi satunya lagi.

Jadikan yoga ini rutinitas di pagi hari atau sore hari sebelum beristirahat. Mungkin hanya perlu 15 menit bersama tapi ini benar-benar waktu berkualitas yang menyenangkan yang dihabiskan bersama anak!

 


Share Icon Facebook Twitter Pinterest
RELATED CONTENT