Mengenalkan Musik Untuk Anak Sejak Dini

Share Icon Facebook Twitter Pinterest
1236 views Sep 23, 2015
   

 Mengenalkan Musik untuk anak sejak Dini

   

Dalam kehidupan kita sehari-hari musik selalu ada dimanapun berada, kita dapat mendengarnya di acara televisi, iklan tv, di radio, bahkan orang-orang bernyanyi di jalanan. Musik merupakan bahasa universal dan bayangkan bagaimana hampanya kehidupan kita tanpa music.

Namun bagaimana musik dapat membantu mengembangkan otak anak? Bayi dapat merespon musik dan ritme begitu mereka lahir bahkan ketika masih di dalam kandungan. Bayi yang baru lahir selalu merasa tenang ketika dininabobokan, menikmati senandung-senandung ibunya, dan  senang dengan tepukan tangan ketika bermain.

 

Pengaruh musik terhadap kemampuan akademik

Musik berkontribusi dalam perkembangan literatur anak sejak dini. Mendengarkan lagu dapat memperkaya kosakata dan kemampuannya dalam mengenali bunyi-bunyian dalam lagu. Anak dapat belajar banyak hal melalui cara yang menyenangkan dengan menggunakan music dan lagu, seperti mengenal huruf, angka, nama-nama hewan, dan lainnya, misalnya lagu Itsy bitsy spider, ABCD (alfabet), balonku ada lima, dll

Musik juga merupakan cara yang menyenangkan membantu anak untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum. Mengajak anak untuk ikut bernyanyi bersama dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka untuk mengeluarkan suara lantang.

Pengaruh musik terhadap kemampuan sosial

Melalui musik anak dapat meningkatkan kemampuan bersosial melalui bernyanyi bersama dan menyesuaikan nada dan kata-kata. Melalui musik anak belajar berkomunikasi dan belajar untuk berbagi dengan bernyanyi bersama. Mendengar berbagai macam keragaman music mulai dari musik tradisional hingga internasional mengenalkan mereka pada perbedaan budaya di seluruh dunia.

Sama halnya dengan orang dewasa, anak-anak juga mengekspresikan emosi dan moodnya melalui musik. Ketika mereka marah, mereka biasanya menyanyikan lagu dengan keras dan berteriak, atau ketika senang mereka biasanya menyanyi dengan riang ditambah dengan gerakan-gerakan tubuh yang aktif. Melalui musik dan gerakan menari mereka dapat mengungkapkan perasaan. Musik adalah salah satu cara efektif anak belajar untuk berkomunikasi

Bagaimana cara mengenalkan musik pada anak

Aktif dengan musik

Biasakan kegiatan bersama mendengarkan musik dengan aktif, dengan mengikuti irama lagu melalui gerakan tubuh, tepukan tangan, ketukan kaki. Ajak anak untuk bergerak dan bernyanyi bersama sambil mendengarkan lagu. Hal ini sangat baik untuk melatih koordinasi tubuh anak menyesuaikan gerak tubuh dan irama lagu.

Musik setiap saat

Putar musik ketika sedang bermain bersama di rumah atau ketika sedang berjalan-jalan dengan mobil, dengan lagu-lagu anak yang riang gembira, seperti lagu wheels on the bus, atau lagu anak lainnya. Musik dapat meningkatkan kemampuan berkonsentrasi dan perhatian. Dengan mendengarkan lagu yang familiar dan sering diputar membuat anak hafal dengan liriknya juga dapat meningkatkan memori anak dalam perkembangan otaknya.

Belajar Musik

Melalui sebuaah penelitian, anak yang belajar musik sejak kecil memiliki kemampuan lebih dalam koordinasi mata, tubuh, dan telinga. Dengan belajar musik anak memiliki talenta dan juga wadah untuk mengekspresikan perasaannya sehingga efektif mengurangi stress pada anak.

Sebagai orang tua, nyanyikan sesering mungkin lagu-lagu anak-anak dan ajak anak untuk ikut bernyanyi, walaupun terlalu kecil untuk bisa bernyanyi, mereka dapat belajar mengenali nada dan irama. Anda juga dapat menciptakan nada-nada lagu sendiri melalui kegiatan sehari-hari, nyanyikan dari hati, misalnya ketika sedang mandi, berpakaian, atau ketika bermain.

Musik tidak dapat secara langsung meningkatkan IQ anak. Namun, melalui penelitian menunjukan bahwa musik merangsang perkembangan bagian otak untuk memori, gerakan dan koordinasi, bahasa dan komunikasi, juga dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus anak.

Pilih lagu yang relevan dan sesuai dengan usia mereka, sehingga dapat bermanfaat dengan efektif terhadap perkembangan mereka.

 


Share Icon Facebook Twitter Pinterest
RELATED CONTENT