Mengorganisir Isi Laci

Share Icon Facebook Twitter Pinterest
1576 views Jan 5, 2016
   

Merapihkan Laci
Editor: Amelia Aryanti


Mengelompokkan isi laci sesuai dengan peruntukkannya memang kurang lazim dilakukan di Indonesia, biasanya hanya dilakukan di laci tempat penyimpanan sendok garpu di dapur dan di kamar bayi dimana tempat popok bayi, pakaian dalam, pakaian harian, waslap, kapas dan toiletteries bayi disimpan terjajar rapih. Selanjutnya tidak jarang semua barang yang bergeletakan dikumpulkan dan disimpan rapih di laci tanpa diorganisir sebelumnya. Namun tentunya Mams & Paps setelah melihat foto-foto berikut ini Mams & Paps pasti ingin membuat laci-laci di rumah menjadi rapih kan?
 


Merapihkan laci dengan membuat box organizer sendiri tak sulit lho Mams & Paps. Gunakan dus bekas cereal ataupun lainnya yang ada dan lapis dengan kertas kado atau materi bahan berpola cantik. Jajarkan semua agar sesuai dengan ukuran rak yang ada. Mudah bukan? Jika ingin praktis tentunya Mams & Paps juga bisa mencari yang sudah tersedia di toko atau bahkan meminta tukang kayu siapkan box-box ini  sesuai dengan ukuran laci yang ada & peruntukkannya.
Berikut ini adalah tipsnya:

1.    Pengelompokkan
Kelompokkan seluruh isi laci, misalkan hanya berisi stationery dari bolpen, spidol, selotip, lem, gunting, stapler atau hanya berisi lilin, atau lainnya.

 

Laci yang diperuntukkan khusus untuk benda yang sama akan memudahkan semua anggota keluarga mengingat dimana mencarinya saat diperlukan. Tentu ingat kan kalau saat mati lampu lilin tidak mudah ditemukan? Bagaimana jika memang kita stock di rumah beberapa lilin sekaligus dalam beberapa ukuran dan kegunaan sehingga saat diperlukan akan sangat membantu.


 

2.    Siapkan laci dengan box-box  dengan dimensi panjang x lebar yang berbeda.
Ini akan sangat memudahkan penggunaannya karena pastinya akan ada benda kecil-kecil  yang dapat disatukan dalam kotak kecil dan ada benda ukuran kecil dan sedang yang bisa dikelompokkan  dalam kotak panjang yang lebih besar.

 

3.    Hanya letakkan barang yang masih berfungsi dan dalam kondisi baik di kotak yang tersedia.
Terkadang setelah kita kelompokkan ternyata jumlah barang lebih banyak dari jumlah kotak yang tersedia. Nah pastikan barang-barang yang tersusun cantik dalam kotak yang tersedia adalah barang-barang yang masih dalam kondisi bagus dan berfungsi sesuai peruntukkannya, jika bolpen atau spidol pastikan tintanya masih bagus, jika pakaian dalam berarti pakaian dalam yang paling nyaman dan paling membuat anda tampil prima saja ya!
 


4.    Atur isi laci sehingga terlihat menarik dan bersihkan secara berkala.
Laci yang berisi keperluan make up memang sangat cantik dan menarik, namun tak jarang saat digunakan laci itersebut tetap terbuka saat kita memakai make up sehingga bubuk bedak ataupun ada jejak lipstick di container lip gloss kita yang bisa menodai laci cantik tersebut.
 


5.    Simpan di laci terkunci.
Khusus untuk laci yang berisi aksesoris cantik, pastikan laci memiliki kunci ataupun terletak dalam lemari yang terkunci. Karena walau aksesoris tidak terbuat dari emas tetapi bagaimanapun perhiasan menarik mata memandang. Tak jarang anak kita sendiri justru yang sering memakai agar terlihat seperti mama dan memporak porandakan semua aksesoris kita lho!

 

6.    Jauhkan dari sinar matahari langsung.
Sebaiknya semua laci-laci memang tidak terkena matahari langsung. Terlebih untuk peralatan make up dan aksesoris.

 


7.    Jaga kelembaban udara.
Di Indonesia tingkat kelembaban udaranya cukup lembab, jadi pastikan anda juga sering-sering membuka laci memberikan angin masuk agar barang yang kita simpan di laci juga tidak rusak karena tingkat kelembaban udara terlalu tinggi. Laci di kamar mandi mengalami kelembaban udara yang tinggi, tapi jika anda sering membuka laci tersebut hal ini akan membantu laci anda mendapat sirkulasi udara yang baik dan isi laci tidak cepat rusak.

 

8.    Selalu kembalikan ke tempatnya semula.
Apapun barang yang digunakan dan diambil dari laci, biasakan untuk kembalikan ke tempatnya semula. Ini akan sangat membantu anda dan seisi rumah lainnya. Usaha anda untuk merapihkan dan mengorganisir laci-laci ini sudah cukup menguras banyak waktu dan tenaga di saat persiapannya, dan akan menjadi sia sia jika seisi rumah tidak membiasakan diri meletakkan gunting, bolpen atau  lilin dari kotak dalam laci yang sudah tersedia dan saat diperlukan lagi ternyata sudah tidak di tempatnya.

Yuk percantik rumah dengan mulai merapihkan isi setiap laci yang ada di rumah.

Happy homes Happy Family!

 


Share Icon Facebook Twitter Pinterest
RELATED CONTENT