Merencanakan Ulang Tahun seru!

Share Icon Facebook Twitter Pinterest
1497 views Sep 23, 2015
   
 

    Sebentar lagi si kecil Ulang Tahun, MamsPaps masih bingung bagaimana merencanakan pesta ulang tahun yang berkesan untuk si kecil?

MampsPaps bisa merayakan ulang tahun anak di mall atau di rumah,  yang terpenting adalah memastikan si kecil bisa bergembira bersama teman-temannya di hari spesialnya.

Yuk, apa saja sih yang perlu diingat saat merencanakan ulang tahun? MamsPaps bisa ajak si kecil untuk ikut merencanakan pesta ulang tahunnya lho.

 

1. SET THE THEME

Tanyakan si kecil, pesta ulang tahun seperti apa yang ia inginkan. Jika si kecil masih bingung, MamsPaps bisa mengajaknya untuk mencari ide bersama dengan bergoogling ria. Tema ulang tahun bisa diangkat dari karakter-karakter favorit anak seperti tema Frozen, Marsha & the Bear, Mickey & Mini Mouse, Animal Kaiser, atau karakter lainnya.

Selain karakter favorit, tema lain yang unik seperti pesta kebun, pesta di hutan, pesta sirkus, atau seperti perayaan karnaval juga bisa menjadi pilihan. Tentukan tema ulang tahun sejak jauh-jauh hari yang bisa dijadikan acuan dalam desain undangan, dekorasi, dan kostum anak.

2. PESTA KELUARGA ATAU PESTA ANAK-ANAK?

Untuk anak usia dibawah 3 tahun, si kecil belum punya banyak teman bermain sehingga undangan pesta ulang tahun pun kebanyakan berisi orang dewasa seperti kumpul keluarga atau reuni bersama teman-teman MamsPaps. Jumlah undangan orang dewasa akan menentukan makanan pun perlu dipertimbangkan menu favorite orang dewasa dan sedikit saja untuk anak-anak. Pilihan konten acara pun yang lebih ringan hanya tiup lilin dan acara kumpul keluarga.

Begitu anak menginjak usia 3 tahun dan lebih,  mereka sudah bisa bermain dengan teman dari sekolah ataupun rumah, sehingga pesta akan lebih fokus kepada pesta anak-anak. Anda sudah bisa mengundang badut pesta, menyelenggarakan pertunjukan puppet atau sulap, dan aktivitas yang disukai anak seperti tattoo glitter atau face painting. Pilih makanan yang aman dan disukai oleh anak-anak seperti spaghetti, nasi goreng, atau sosis.

anak-anak belum terlalu lelah. Atau disore hari sekitar pkl 3 sore setelah waktu tidur siang.

3. GUEST NUMBERS & TIMING

Buatlah daftar undangan sejak awal  dan hitung jumlah undangan untuk menghindari membludaknya tamu, kurangnya makanan, ataupun penuhnya kapasitas ruangan pesta.

Biarkan anak Anda membantu dalam memilih tamu. Jika mereka terlalu kecil untuk melakukannya, minta guru sekolah untuk membantu memilih undangan dari daftar teman sekelas. Pastikan jumlah dan daftar undangan sebulan sebelum acara berlangsung.

Tentukan rundown acara pesta agar pesta tidak terasa membosankan . Pesta ulang tahun umumnya hanya membutuhkan 2 – 3 jam saja.

Mulailah acara dengan games dan pertunjukan hiburan untuk menghangatkan suasana. Setelah itu perayaan tiup lilin , potong kue bersama dan dilanjutkan dengan makan bersama.

Waktu acara untuk anak-anak  yang paling tepat adalah dimulai sekitar pkl 10 hingga maksimal pkl 1 siang pada saat makan siang dan

4. CATERING , KUE ULANG TAHUN, DEKORASI, dan GOODIE BAGS

Pilih menu katering untuk dewasa dan anak-anak favorit sesuai dengan selera. Anda dapat memesan makanan di restaurant ataupun membuat sendiri menu makanan. Pastikan jumlah makanan tersedia cukup untuk seluruh undangan.

Pesan kue ulang tahun  sesuai dengan tema seperti kue bentuk binatang, karakter favorit, atau lainnya.

Jika Anda punya banyak waktu tanpa menggunakan jasa event organizer, Anda bisa mengajak anak untuk menyiapkan sendiri dekorasi dan bingkisan ulang tahun. Siapkan banyak balon tiup dan pita-pita untuk dekorasi. Anda juga bisa membeli hiasan pesta siap jadi di toko perlengkapan pesta. Anda pun bisa menyiapkan sendiri games-games dan Anda  sebagai pembawa acara.

Toh anak berulang tahun hanya setahun sekali bukan? Jadi tidak ada salahnya merencanakan dan menyiapkan ulang tahun sendiri bersama anak Anda. Semoga menyenangkan!

SUMBER: http://www.bubhub.com.au/info/articles/toddler/kids_birthday_party_time.shtml

 


Share Icon Facebook Twitter Pinterest
RELATED CONTENT