Deteksi Bakat si Kecil Sejak Dini!

Share Icon Facebook Twitter Pinterest
1428 views Sep 23, 2015
   

 Deteksi Bakat si Kecil Sejak Dini!

  

Tidak semua anak terlihat secara jelas bakat alaminya sejak kecil, dan orang tua

Anda dapat mendeteksi bakat-bakat tersembunyi pada anak melalui perilaku dan kebiasaannya sehari-hari. Menurut para ahli, berikut adalah beberapa cara untuk mengenali bakat pada anak dan bagaimana membantu mereka mengembangkannya.


Anak Anda suka mensortir barang

Tandanya: Si kecil suka sekali memasang-masangkan kaus kaki, merapikan mainan sesuai ukuran, warna, dan bentuk. Dia juga suka mengatur segala sesuatu agar terlihat rapih.

Kemungkinan anak Anda adalah anak dengan kemampuan belajar auditory sequential, yang artinya si kecil cenderung berpikir analitis, teratur, dan suka memperhatikan hal detail. Anak yang termasuk dalam kategori ini biasanya berbakat dalam bidang matematika dan sains.

Bagaimana mengembangkannya: Ajak bermain dengan mengeksplorasi sebuah permainan yang berhubungan dengan pola atau pasang-pasangan, bisa dalam bentuk manik-manik atau puzzle yang dapat mengembangkan pola berpikirinya. Cari kegiatan untuk mendorong kemampuan matematika dan kegiatan eksperimen sains yang menarik. Tugaskan anak dalam menyortir mainan sesuai dengan ukuran atau fungsinya di box mainan anak.


Anak Anda suka berbicara

Tandanya: Si kecil Anda cerewet dan selalu menceritakan banyak hal. Terkadang Anak Anda berbicara sangat cepat, dan seringkali tidak berhenti berbicara hingga tertidur. Dia selalu ingin bicara dan seringkali membuat Anda kewalahan menanggapinya. Anak Anda memiliki bakat verbal dan cepat dalam menyerap perbendaharaan kata.

Bagaimana mengembangkannya: Jangan pernah menghentikan tiba-tiba ketika anak Anda sedang bercerita. Jadilah pendengar yang baik dan tanggapi dengan antusias, pancing anak untuk bercerita lebih panjang dengan mengajukan pertanyaan. Anda dapat bermain peran sebagai reporter, rekam setiap cerita anak dan bantu Anak menulis ceritanya dalam sebuah jurnal. Seiring dengan perkembangan kemampuan berbicara dan menulisnya, ajari anak juga menjadi pendengar yang baik. Ajak si kecil mengunjungi perpustakaan bersama atau toko buku untuk memperkaya perbendaharaan kata.


Si Kecil Suka mengutak-ngatik benda

Tandanya: Anak Anda suka mengeksplorasi segala sesuatu, dia suka memperhatikan bagaimana memasang dan melepas kancing, membongkar pasang mainan, atau membangun mainan tower blok. Si Kecil termasuk kategori visual-spasial learner. Anak dengan kemampuan ini cenderung memiliki kemampuan untuk menjadi engineer, arsitek, penemu, atau ilmuwan saat dewasa.

Bagaimana mengembangkannya: Belikan anak mainan-mainan blok bongkar pasang, sehingga anak bisa mengeksplorasi dan mengembangkan imaginasi mereka melalui mainan membangun dan membongkar pasang. Pastikan lingkungan anak aman, karena anak Anda termasuk anak yang memiliki rasa ingin tahu tinggi, sehingga bisa saja si kecil memasukan jari mungilnya ke kontak listrik, atau mengotak-ngatik alat elektronik.


Anak Anda suka berkhayal

Tandanya: Anak Anda seringkali terlihat berbicara sendiri dan sibuk dengan imajinasinya. Suka bermain peran sebagai putri kerajaan, atau sekedar peran kehidupan sehari-hari, suka menghabiskan waktu untuk mencorat-corat kertas atau menggambar dengan khayalan-khayalannya. Si Kecil kadang melakukan hal lucu yang tak terduga dengan cara pandang terhadap dunia yang berbeda. Anak Anda menunjukan bakat kreatif yang kuat, dan memiliki bakat untuk menyelesaikan masalah dengan kreatif.

Bagaimana mengembangkannya: Dorong terus kreativitas anak Anda. Sediakan banyak kertas dan pensil warna di rumah, putar musik setiap hari, atau bahkan melakukan suatu projek seni atau sains.


Anak Anda adalah tipe take-charge
Tandanya: Anak Anda selalu punya pendapat yang kuat, dan selalu terlihat mengatur teman-temannya. Anak Anda memiliki bakat alami menjadi pemimpin. Seorang anak yang suka mengambil peran menjadi pemimpin selalu dapat menginspirasi orang lain dan melihat konflik dari perspektif yang berbeda.
Bagaimana mengembangkannya: Setiap kali ada kesempatan, biarkan anak memimpin. Biarkan dia mengatur kamarnya dengan cara yang dia suka. Minta ank memberikan pendapat dalam diskusi keluarga untuk membangun kepercayaan diri dalam berpendapat misalnya tanyakan pendapatnya untuk solusi mengenai mengatur waktu belajar, atau pada saat merencanakan liburan.


Anak Anda tidak bisa diam
Tandanya: Anak Anda sangat aktif bergerak. Si kecil termasuk dalam tipe pembelajar kinestetik-jasmani atau fisik, yang menyerap informasi dan paling terlibat ketika kegiatan melibatkan aksi dan gerakan.
Bagaimana mengembangkannya: Pastikan setiap hari anak memiliki waktu untuk aktivitas fisik. Masukan anak dalam berbagai kegiatan non-akademis seperti menari, gym, martial arts untuk menyalurkan energinya.


Bakat anak Anda masih belum terlihat Jika Anda belum melihat tanda-tanda diatas pada anak Anda, tetap perbanyak waktu Anda dengan anak, perbanyak komunikasi dan pantau terus perkembangannya.
Anda dapat berdiskusi dengan guru kelasnya mengenai kemungkinan anak Anda mengeluarkan kemampuan dan bakatnya dalam suatu bidang di sekolah.
Dengan memperhatikan bakat alami pada Anak, Anda dapat membantunya agar dapat mencapai potensi maksimal dari kemampuannya.

Sumber: http://www.babycenter.com/0_how-to-spot-your-preschoolers-hidden-talents_10315477.bc


Share Icon Facebook Twitter Pinterest
RELATED CONTENT