Pilih-pilih Sekolah untuk si Kecil

Share Icon Facebook Twitter Pinterest
949 views Sep 23, 2015
   

 Memilah Keunikan Anak

  

Setiap anak memiliki perilaku yang unik dan berbeda dan juga memiliki kualitas yg umum seperti anak-anak lainnya. Seperti setiap bintang di langit yang berbeda cahayanya, anak anda mungkin memiliki beberapa kemiripan dengan kakek, nenek, om, tante, ayah atau ibunya tapi dikombinasikan dalam satu jiwa.

Memang setiap anak adalah individu yang memiliki karakter unik. Campuran emosi, daya pikir, semangat, dan lain-lainnya ini juga dipengaruhi lingkungan dimana anak akan belajar sebaik-baiknya.

Sebagai orangtua, kita tentu dapat mengetahuinya. Tapi banyak dari kita merasa kurang mengerti dalam merespon kemampuan anak, kebutuhannya dan kepribadiannya, bahkan dalam keseharian kita dan terlebih saat memilih sekolah.

Menemukan yang Paling Tepat

Dengan banyaknya pilihan sekolah yang begitu menarik belakangan hadir di Indonesia dengan beragam kurikulum dan kehebatannya, manakah yang paling tepat khusus buat anak anda? Sekolah mana yang akan dapat membuat anak belajar dengan lebih baik dan merasa lebih baik di sekolah – dengan guru, teman, perlengkapan sekolah, dan cara belajar yang diharapkan? Kelebihan dan kelemahan apa yang dapat dikemukakan ke sekolah dan yang dapat dikembangkan di rumah? Nah saat kebutuhan anak dan kebutuhan keluarga sesuai dengan apa yang ditawarkan oleh sekolah, itulah yang disebut “Sekolah yg tepat buat Anak anda”

Fokus ke Empat Faktor

Untungnya, kita dapat focus ke karakteristik tertentu yang dapat mempengaruhi lingkungan sekolah yang seperti apa yang tepat bagi anak. Empat Faktor yang dapat membantu kebutuhan anak dan keluarga saat memilih sekolah:

  • Apa yg anak Pelajari: Ini adalah aspek dari anak dimana pengaruh mata pelajaran dan tingkat kesulitan yang akan diajarkan di sekolah. Ini termasuk kemampuan dasar anak belajar, kemampuan lainnya serta kepentingan lainnya yang disukai anak.
  • Bagaimana Anak Belajar: Ini adalah aspek bagaimana sekolah seharusnya mengajarkan dan berinteraksi dengan anak baik di dalam dan diluar kelas. Ini termasuk cara belajar anak, motivasi, tantangan kesehatan fisik dan mental, perilaku, serta keterbatasan dan kekurangan cara belajar, dan kemampuan untuk memahami diri sendiri.
  • Masalah Sosial: Ini termasuk keperluan untuk melakukan kontak dengan teman-teman tertentu dari perspektif anak.
  • Masalah Praktis: Ini termasuk kegiatan ekstra kuriker khusus yang mungkin menjadi factor pilihan menarik buat beberapa anak.

Memprioritaskan Kebutuhan Anak

Empat factor ini akan membantu anda melihat karakteristik yang tercampur aduk ini dalam menetapkan prioritas Utama saat memilih sekolah. Identifikasi ini dahulu, dan anda akan dapat focus menentukan “Sekolah yang Tepat buat Anak Anda”. Tambahkan keempat factor ini dalam kepentingan Utama keluaga dan kualitas akademik yang dicari, dan anda akan dapat memilih tipe sekolah yang terbaik yang diperlukan keluarga.

Tanda-tanda Sekolah pilihan yg tepat atau kurang tepat untuk anak

Jika anak anda sudah mulai sekolah, di preschool atau day care, anda mungkin sudah dapat merasakan situasi mana yang Sekolah Tepat buat anak atau tidak. Jika anak belum mulai berpartisipasi dalam kelompok belajar apapun, mungkin anda tidak memiliki bayangan. Tapi jika anak anda sudah mulai dalam kelompok belajar, baik preschool atau day care – anda dapat mengenali tanda-tanda mana sekolah yang tepat dan mana yang bukan.

Tanda-Tanda jika sekolah atau tempat les cocok dengan anak anda:

  • Anak anda selalu ingin cepat ke sekolah.
  • Anak anda sangat bersemangat dan tetap dengan good mood walau sudah akhir jam sekolah.
  • Kecepatan belajar dari subjek Utama, secara garis besar, mengenai hak anak anda: cukup menantang tapi dapat diraih dengan baik.
  • Anda melihat progress yang sangat baik dalam perkembangan belajar anak – akademis, fisik, social, dan emosional.
  • Anak anda merasa bahwa kemampuan dan minatnya dihargai di sekolah.
  • Anak anda mencapai kemajuan akademis sesuai dengan diharapkan.
  • Anak Anda diterima di lingkungan barunya dengan baik, memiliki  teman-teman baru dan disukai teman baru tentu menyenangkan bukan?
  • Tugas sekolah dan teman memang penting, tapi tentunya tidak terlalu menghabiskan waktu anak untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolahnya.
  

Jika sekolah ataupun tempat les yang diikutinya kurang cocok dengan anak, anda akan melihat tanda-tanda dibawah ini:

  • Stress mulai dari awal tahun sekolah.
  • Tidak hanya terlihat merasa kelelahan tapi juga kehabisan tenaga dan memperlihatkan rasa tidak senang dengan sekolah.
  • Hanya mendapat sedikit kemajuan baik secara akademis, sosial, emosional atau bahkan fisik.
  • Sering berkata bosan di sekolah.
  • Kemajuan akademis anak tidak sebaik yang anda pikir ia mampu.
  • Memperlihatkan rasa kurang tertarik dengan apa yang dipelajari di sekolah.
  • Sering mengatakan guru atau anak lain tidak mengerti atau tidak menyukai anak anda.
  • Tidak memiliki banyak teman di sekolah.
  • Di kelas ataupun di sekolah anak memperlihatkan gejala stress seperti kurang tidur, kelelahan, merengek atau manja tidak ingin terpisah dari orang tua yang berlebihan.

Share Icon Facebook Twitter Pinterest
RELATED CONTENT